Imam Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang terkenal dengan Hujjatul Islam (argumentator islam)
karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran
bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H,
bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di
Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu
pengetahuan di dunia islam.
Beliau dilahirkan dari keluarga yang
sangat sederhana, ayahnya adalah seorang pengrajin wol sekaligus sebagai
pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat
keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama
dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat
kepada umat.
Itulah
sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali) dan
saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman
ayahnya, seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun dibesarkan dalam keadaan
keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa rendah atau
malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan, dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan
seorang sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan
sebagai seorang sufi sampai usia 15 tahun (450-456).
Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan imam Ghazali dalam memulai
pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada ayahnya beliau belajar
Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan di Thus
dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada
teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi
memenuhi kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah
untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam
(al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau
pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya bidang-bidang
ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli (ushul al din) ushul fiqh, mantiq,
flsafat, dan tasawuf. Santunan kehidupan sebagaimana lazimnya waktu
beliau untuk belajar fiqh pada imam Kharamain, beliau dalam belajar
bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab, khilaf (perbedaan
pendapat), perdebatan, mantik, membaca hikmah, dan falsafah, imam
Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang luas.
Setelah imam kharamain wafat kemudian
beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau mengarang
tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al-
khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab
al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi
bayani masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali
belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain dari Ahmad Al- Radzaski di
Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan. Setelah imam al-Ghazali
kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat kelahirannya, beliau
mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf kekpada Yusuf
Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan dengan
al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul Ghofur
itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali menjadi pembahas paling pintar di
zamanya. Imam Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih imam al
Ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya sampai dengan wafatnya pada
tahun 478 H. sebelum al Juwani wafat, beliau memperkenalkan imam al
Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah,
Nidzham adalah pendiri madrasah al nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al
Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn
Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, al Ghazali
meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham
al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat dengan
‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin populer
dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al
Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini
dijelaskan salam bukunya al mungkiz min dahalal. Selama megajar di
madrasah dengan tekunnya imam al Ghozali mendalami filsafat secara
otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan
Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya
seperti al maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali
dilanda keraguan (skeptis) terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum
teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaanya dan karya-karya yang
dihasilkannya, sehingga beliau menderita penyakit selama dua bulan dan
sulit diobati. Karena itu, imam al Ghazali tidak dapat menjalankan
tugasnya sebagai guru besar di madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya
beliau meninggalkan Baghdad menuju kota Damaskus, selam kira-kira dua
tahun imam al Ghazali di kota Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah,
dan mujahadah. Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk
melakukan ibadah serupa. Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan
ibadah haji dan menziarohi maqom Rosulullah Saw.
Sepulang dari tanah suci, imam al
Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di Thus, disinilah beliau tetap
berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai berlangsung selama 10 tahun.
Pada periode itulah beliau menulis karyanya yang terkenal ” ihya’
‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan kembali
ilmu agama).
Karena disebabkan desakan pada madrasah
nidzhamiyah di Naisabur tetapi berselang selam dua tahun. Kemudian
beliau madrasah bagi para fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh untuk para
mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat pada tahun 505 H / 1
desember 1111 M.
Abul Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al
asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad saudaranya imam al Ghazali berkata
pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan melakukan sholat, kemudian
beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku kemudian ia mengambil dan
menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya, beliau berkata ” Aku
mendengar dan taat untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya
dan menghadap kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu
meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus)
pada hari senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali
dimakamkan di Zhahir al Tabiran, ibu kota Thus.
Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan demikian guru-guru imam Al
Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang tasawuf saja, akan tetapi
beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan
guru-guru beliau dalam bidang hadist.
Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali mempunyai banyak murid,
karena beliau mengajar di madrasah nidzhamiyah di Naisabur, diantara
murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad
Bin Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian
setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i.
Diantara karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin
Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’
‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga mempelajari
fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar
(462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi
‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin
Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau
belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin
Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh pada imam Al
Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith
fi masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin
Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar
karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.[15]
Dengan demikian imam al ghozali memiliki
banyak murid. Diantara murid–murid beliau kebanyakan belajar fiqh.
Bahkan diantara murid- murid beliau menjadi ulama besar dan pandai
mengarang kitab.
Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam Al Ghozali termasuk penulis yang
tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan
mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2. Tahaful al falasifah (kekacauan
pikiran para filusifi) buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad di
kala jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam
filsafat dan para filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali
ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama
beberapa tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus,
Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf dan
filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat
dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al
Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu
serta jalan mencapai tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa
al mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang dengki penjelasan tentang
hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
Kesetiaan Imam Al Gazhali Kepada Gurunya.
Walupun kemashuran telah diraih imam
al-ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya dan tidak meninggalkannya
sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al-Juwami wafat,
beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk, perdana
mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah al-
nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf
kepada Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084
M).
Setelah gurunya wafat, Al Ghazali
meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham
Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat dengan
para ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini, namanya semakin
populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M,
imam al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah, ini
dijelaskan dalam bukunya al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di
madrasah dengan tekunnya imam al Ghazali mendalami filsafat secara
otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan
Al Shafa.penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti
Falsafah Tuhfatul Al Falasifah.
Pada tahun 488 H / 1095 M, imam al
Ghazali dilanda keraguan(ekeptis) trhadap ilmu-ilmu yang
dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaannya dan
karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau menderita penyakit
selama dua bulan.
Sumber : http://s4h4.wordpress.com/2008/11/30/biografi-imam-ghazali/
0 komentar: